Telkomsel dan Indosat Catat Kenaikan Trafik di Momen Nataru

Dua penyedia layanan seluler di Indonesia, yakni Telkomsel dan Indosat Ooredoo, mencatat kenaikan trafik selama momen liburan Natal dan Tahun Baru 2020.

Secara garis besar, kedua operator seluler ini kompak mencatat peningkatan trafik dari layanan data dan SMS, diikuti dengan trafik layanan suara yang mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

Berikut pemaparan peningkatan trafik data di Natal dan Tahun Baru 2020 berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno dari dua operator seluler tersebut, Selasa (7/1/2019).

Telkomsel Operator seluler Telkomsel mencatat adanya peningkatan trafik layanan data dengan payload sebesar 23,9 petabyte, atau melonjak 39 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dan meningkat 16 persen dibandingkan penggunaan reguler atau hari-hari biasa.

Secara umum, kontribusi tertinggi trafik berasal dari pelanggan yang gemar mengakses aneka platform media sosial (36 persen), diikuti dengan platform streaming video (26 persen) dan aplikasi pesan instan (17 persen).

Adapun daerah yang mengalami peningkatan trafik data tertinggi berasal dari wilayah Sumatera Utara (24 persen), Bali - Nusa Tenggara (23 persen), Papua - Maluku (23 persen), dan daerah Jawa tengah (21 persen).

Untuk layanan suara dan SMS, dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan suara justru mengalami penurunan sekitar 3 persen menjadi 1,12 miliar menit, sedangkan trafik layanan SMS masih mengalami kenaikan sekitar 9 persen menjadi 595 juta SMS.

Indosat Ooredoo Sejalan dengan Telkomsel, Indosat Ooredoo juga mencatat adanya peningkatan trafik pada momen Natal dan Tahun Baru 2020, dengan peningkatan trafik data sekitar 11,4 petabyte.

Jika ditelisik, angka tersebut meningkat 19,9 persen dibandingkan hari normal. Secara spesifik, pada perayaan Natal, Indosat Ooredoo mencatatkan peningkatan trafik data tertinggi terjadi pada hari-H sebesar 16,50 persen.

Puncak trafik layanan suara dan SMS sendiri terjadi pada H-2 Natal, dengan masing-masing peningkatan sebesar 5 persen dan 29 persen dibandingkan hari normal. Sementara saat perayaan pergantian tahun baru, trafik data dan SMS tercatat mengalami kenaikan masing-masing 19,91 persen dan 17,54 persen, diikuti dengan trafik layanan suara yang justru menurun 5,73 persen.

Menurut pihak Indosat, aplikasi favorit pelanggan untuk mengisi waktu liburan Natal dan Tahun Baru 2020, yang berkontribusi terhadap trafik data, adalah Facebook, Instagram, Line, WhatsApp, dan Youtube.

Nah, jika dilihat berdasarkan wilayahnya, peningkatan trafik layanan telekomunikasi operator seluler ini terjadi di beberapa kota besar seperti Bogor, Tangerang, Karawang, Bekasi dan Magelang.

Sumber: kompas.com Penulis : Bill Clinten Editor : Reska K. Nistanto

Berita Terkait

    Komentar via Facebook

    Kembali ke atas