Microsoft Sempat Susul Apple Jadi Perusahaan Rp 14.000 Triliun

Perusahaan raksasa software asal Amerika Serikat (AS), Microsoft sempat mencatat valuasi pasar 1 triliun dollar AS (Rp 14.000 triliun) untuk pertama kalinya pada minggu lalu, sebelum akhirnya kembali turun.

Hal ini menyusul pencapaian yang diperoleh Apple dan Amazon pada 2018 lalu.  Valuasi Rp 14.000 triliun diraih setelah perusahaan asuhan Bill Gates itu mengumumkan laporan tahunan untuk periode kuartal III-2019 hitungan perusahaan.

Laporan fiskal itu menunjukkan tren positif, akibatnya harga saham pun naik. Saham Microsoft pada hari pengumuman tercatat di angka 129 dollar AS per lembah saham, sehingga turut menggenjot nilai valuasi perusahaan tersebut. 

Kinerja positif itu tak lepas dari perkembangan layanan cloud yang tengah digencarkan oleh Microsoft, di bawah kepemimpinan CEO Satya Nadela.

Revenue layanan cloud dilaporkan meningkat 41 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Begitu juga halnya untuk Microsoft pada saat ini, akibat kondisi pasar saham yang selalu dinamis. Berdasarkan pantauan KompasTekno di situs pemantau pasar YCharts,

Minggu (27/4/2019), valuasi Microsoft kini tercatat di angka 996 miliar dollar AS, Apple 964 miliar dollar AS, sementara Amazon 959 miliar dollar AS. Kini pasar menunggu akankah valuasi Microsoft kembali menembus angka 1 triliun dollar AS.

Kompas.com
Editor : Reska K. Nistanto

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas