Kemenristek Dikti Gaet Telkom demi Target Indonesia 2020

Jakarta - Dalam meningkatkan mutu dan daya saing pendidikan tinggi di Indonesia, pemanfaatan telekomunikasi menjadi sangat vital. Itu yang mendasari pengembangan platform Indonesian Research and Education Network (IdREN).

Platform tersebut dikembangkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) yang menggaet Telkom Indonesia sebagai penyedia fasilitas telekomunikasi untuk IdREN.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Intan Ahmad mengatakan, IdREN adalah sebuah network tertutup (National Closed User) yang digunakan untuk sharing research antar perguruan tinggi dengan inisiatif 3S, yakni Single Network, Sharing and Collaboration, Sustainable Platform.

IdREN akan menjadi platform research antar perguruan tinggi dan sebagai jembatan antara institusi pendidikan tingi, pemerintah, industri, media, dan komunitas guna meningkatkan daya saing nasional di kancah global

"Harapannya pada 2020 nanti Indonesia bisa menjadi referensi riset dan edukasi," ungkap Ahmad di Gedung Kemenristek Dikti, Jakarta, Selasa (19/12/2017)

Itu bisa dicapai karena IdREN menyediakan berbagai fasilitas untuk peningkatan mutu pendidakan tinggi, mulai dari penyediaan jaringan dan layanan komunikasi data, peneydiaan layanan collaboration data center, penyediaan layanan konsultasi TIK, penyedia backbone IdREN nasional dan interkoneksi dengan Global Research & Education Network, penyediaan dukungan teknis operasional IdREN, serta kerja sama lainnya.

"IdREN memfasilitasi interkasi antarstakeholder untuk sinergi dalam pengembangan ekonomi digital. Bila selama ini kita menerima, maka kedepannya kita akan menyumbangkan," sebutnya.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan mengungkapkan Telkom berkomitmen membangun infrastruktur telekomunikasi, bukanya hanya backbone tapi juga last mile

"Saat ini, IdREN sudah terkoneksi dengan 79 institusi pendidikan nasional serta satu lembaga riset internasional (Trans Eurosia Information Network) dan masih terus berkembang ke arah institusi strategis lainnya dalam lingkungan domestik dan global,"

IdREN sendiri diprakarsai oleh Telkom dengan melakukan inisiasi bersama lima perguruan tinggi, yaitu Universitas Gajah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Institut Teknologi Bandung sebagai kampus hub nasional untuk merealisasikan kebutuhan jaringan kolaborasi riset menggunakan konsep Pentahelix.

Melalui pengembangan platform IdREN ini, Telkom berharap dapat turut berkontribusi mendukung sektor pendidikan nasional dalam meningkatkan daya saing bangsa. Sehingga dapat menjawab tantangan globalisasi di era digital, terlebih mengakselerasi visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai energi digital asia di tahun 2020. (detikcom/agt/rou)

Solusi Komunikasi Kantor bisa anda dapatkan melalui MGM.

Berita Terkait

    Komentar via Facebook

    Kembali ke atas